Jurus Ampuh Mengecilkan Pori

Pori-pori besar seringkali membuat kita kurang percaya diri. Makanya, atasi sekarang juga!


Entah itu jerawat, komedo, bintik hitam. Semuanya sama-sama bisa merusak penampilan. Belum tuntas tiga hal itu, masih ada satu problem lagi yang sama buruknya – pori-pori besar. Bukan hanya bisa membuat wajah terlihat kusam, tapi juga lebih tua. Simak yuk apa saja yang bisa memicu timbulnya pori-pori besar ini dan bagaimana cara mengatasinya.

Faktor Genetik
Ukuran pori-pori bergantung pada gen. Umumnya, mereka yang berkulit putih memiliki pori-pori kecil sedangkan yang berkulit lebih gelap cenderung memiliki pori yang lebih besar. Jenis kulit pun dapat mempengaruhi ukuran pori-pori.

Kulit Berminyak
Umumnya, pori-pori tidak terlihat signifikan pada kulit kering. Tapi sebaliknya, mereka yang memiliki tipe kulit berminyak seringkali bermasalah dengan ukuran pori-porinya.

Pemakaian Makeup
Aplikasi produk makeup semisal foundation dan bedak secara tidak langsung menghalangi pori-pori untuk bernapas. Kalau dibiarkan berlanjut, pori-pori akan mencari jalan keluar sendiri yaitu dengan memperlebar diameternya. Penimbunan sel kulit mati dan sebum yang akhirnya berakibat pada timbulnya jerawat juga bisa meregangkan pori-pori. Makanya, kita harus rajin cuci muka.

Memencet Komedo
Kita seringkali sebal melihat komedo yang ada di area hidung, dan tanpa pikir panjang memencet komedo tersebut dengan tangan, tanpa antiseptik. Inilah yang bisa membuka dan memperbesar pori-pori.

Sinar Matahari
Sinar UV yang terpapar pada kulit berpotensi melemahkan kolagen yang berakibat pada hilangnya elastisitas dan pori-pori pun melebar dengan mudah. Paparan sinar matahari juga membuat lapisan terluar kulit menebal sehingga kulit mati pun menumpuk di sekitar pori-pori. Hal ini membuat pori-pori membesar.

Ada beberapa ide kuno yang dianggap bisa mengecilkan pori-pori, salah satunya adalah menggunakan masker putih telur. But that’s a big zero! Karena intinya, ukuran pori ditentukan secara genetik. Namun, bukan berarti kamu harus berdiam diri.

Pemakaian Skin Care Yang Tepat
Kamu wajib mengaplikasikan sunscreen yang memiliki kandungan SPF yang cukup secara rutin, supaya tidak terpapar langsung dengan sinar UV yang bisa merusak jaringan kolagen kulit. Direkomendasikan untuk mengaplikasikan kosmetik berbahan mineral atau minyak nabati.

Rutin Melakukan Eksfoliasi
Sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat dari pemakaian aktif makeup dan aktivitas di luar ruangan sehingga mengharuskanmu berada di bawah sinar matahari membutuhkan peremajaan. Untuk itulah diperlukan treatment eksfoliasi, seperti mikrodermabrasi atau scrub, yang mampu mengikis lapisan kulit terluar kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang dilakukan secara teratur efektif memperhalus kulit dan memperkecil ukuran pori-pori.

Konsumsi Banyak Vitamin
Usaha untuk mengatasi pori-pori besar ini juga harus dilakukan lewat proses dari dalam tubuh. Mengonsumsi nutrisi yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C seperti daging merah, kuning telur, susu, keju dan buah-buahan dapat menstimulasi produksi kolagen dan mengencangkan kulit.

No comments:

Post a Comment