Face Cleansing Mistakes

Kamu pernah melakukan salah satunya?


Kita biasanya menyepelekan cuci muka, tapi ternyata hal-hal yang kita lakukan saat mencuci muka berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah sedikit, bisa timbul jerawat, kulit kering dan problem lainnya. Kamu pasti tidak mau kan punya muka yang tidak halus? So, follow these steps!
Kenali Jenis Kulitmu
Faktanya, kulit wajah merupakan bagian yang paling sensitif, sehingga kamu tidak boleh sembarangan memakai sabun untuk membersihkannya. Sebaiknya beli sabun pembersih wajah yang memang direkomendasikan untuk tipe kulit kamu – apakah termasuk kulit normal, kering atau berminyak.

Cuci Muka Dua Kali Sehari
Mencuci muka terutama sangat disarankan bagi kamu yang punya tipe kulit berminyak, karena rutin mencuci muka terbukti bisa mengurangi kadar minyak alami yang diproduksi oleh kulit wajah. Jangan pernah sekali-sekali malas mencuci muka atau kamu akan berisiko mengalami berbagai masalah kulit akibat bakteri dan kuman yang menempel di wajah. Jika aktivitas kamu lebih banyak di luar ruangan, mencuci muka wajib dilakukan lebih dari dua kali.


Gunakan Air Temperatur Normal
Temperatur air ternyata bisa memberikan efek bagi kulit wajah. Air yang dingin nggak efektif mengangkat dan membersihkan kotoran dari wajah, sedangkan air yang terlalu panas malah bisa menjadikan wajah kamu kering. Jadi, pastikan bahwa air yang kamu gunakan untuk mencuci muka adalah yang bertemperatur normal. 

Cuci Muka Dengan Tangan
Jika selama ini kamu terbiasa menggunakan sponge atau lap untuk membersihkan wajah, kamu sebaiknya lebih teliti. Pastikan bahwa benda yang kamu gunakan itu benar-benar dalam keadaan bersih dan tidak terkontaminasi oleh bakteri atau kuman, karena kalau tidak malah akan membuat wajah kamu berjerawat. Cara membersihkan wajah yang paling aman adalah dengan menggunakan tangan.

Bersihkan Wajah Dengan Benar
Sebelum mengaplikasikan sabun pembersih, bilas wajah terlebih dulu lalu baru tuangkan sedikit sabun pembersih ke tangan kamu. Bersihkan wajah dengan arah memutar mulai dari dagu, kemudian area T (sepanjang hidung dan alis) dengan menggunakan jari tengah dan jari manis. Pijat dengan lembut untuk melancarkan peredaran darah.

Bilas Hingga Bersih
Pastikan wajah kamu sudah benar-benar bersih saat dibilas dengan air. Residu dari sabun pembersih yang masih menempel di kulit wajah dapat membuat pori-pori tersumbat sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

Jangan Menggosok Wajah Saat Dikeringkan!
Bukannya membuat kotoran terangkat, hal ini malah bisa membuat wajah kamu tergores. Kamu hanya perlu menepuk wajah kamu yang basah setelah mencuci muka pada handuk bersih.

Pakai Toner dan Pelembab
Jangan mengira bahwa mencuci muka adalah poin terakhir dari ritual kecantikan kamu. Kamu masih harus mengaplikasikan water-based face toner dan moisturizer untuk menutrisi sekaligus menjaga kelembaban kulit kamu.

No comments:

Post a Comment